Cara Membuka Kunci Bootloader/Unlock Bootloader di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL

Author : Cerita RakyatTidak ada komentar

Cara Membuka Kunci Bootloader/Unlock Bootloader di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL

Cara Membuka Kunci Bootloader/Unlock Bootloader di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL


Apakah Anda ingin membuka kunci bootloader di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL Anda? Kami disini akan memandu anda untuk membuka kunci bootloader di google pixle 3 dan 3 XL.

Devices Google Pixel benar-benar terbersih dan tercepat dalam hal perangkat softwere. Mereka tidak memiliki aplikasi atau fitur pra-instal/blodwere. Keuntungan besar lainnya dari memiliki ponsel Google Pixel adalah betapa mudahnya memodifikasi perangkat lunak/softwere untuk mendapatkan fitur tambahan atau menggunakan aplikasi yang mendukung root. Berkat komunitas pengembang/develover yang brilian, Anda sekarang dapat menginstal kustom (TWRP) pada Pixel 3 Anda dan melakukan root menggunakan Magisk.

Sekarang, apa pun yang Anda pilih untuk dilakukan, baik itu rooting untuk menambahkan fitur tambahan atau menggunakan aplikasi root-enabled, menginstal TWRP atau menginstal custom ROM, pertama-tama Anda harus membuka kunci bootloader/unlock bootloader. Dengan perangkat Google, cukup mudah untuk melakukan ini. Yang Anda butuhkan hanyalah devices Anda, PC Windows / Linux / macOS, kabel USB, dan segelas kopi.

Kami telah menyiapkan tutorial ini untuk membantu Anda membuka kunci bootloader/unlock bootloader dengan mudah di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL. Bahkan jika Anda seorang pemula, Anda akan menemukan langkah-langkah yang cukup mudah untuk diikuti.

Sebelum Anda Menulai Membuka Kunci Bootloader/Unlock Bootloader

  • Membuka kunci bootloader pada Pixel 3 (XL) Anda tidak akan merusak garansi telepon. Namun, setiap kerusakan yang disebabkan oleh perangkat lunak/softwere atau mod eksternal tidak akan ditanggung dalam garansi. Anda dapat mengunci bootloader kapan saja Anda mau.
  • Proses ini akan menghapus semua data yang tersimpan di Pixel Anda termasuk aplikasi, kontak, pesan, dan penyimpanan internal juga.
How to Unlock the Bootloader on Google Pixel 3 XL

Cara Backup Data Pada Pixel 3 dan 3 XL

Seperti yang baru saja kami katakan, proses membuka kunci bootloader akan menghapus semua data yang tersimpan di Google Pixel 3 / Pixel 3 XL Anda termasuk penyimpanan internal. Jika Anda memiliki data di telepon yang penting, pastikan untuk mencadangkannya.
  • Hal-hal seperti kontak dan email disinkronkan secara otomatis dengan akun Google Anda yang dikonfigurasi.
  • Foto dapat dengan mudah dicadangkan ke Google Foto. Manfaat menggunakan Pixel 3 adalah Anda mendapatkan penyimpanan tanpa batas di Google Foto untuk menyimpan semua foto yang Anda pilih di cloud.
  • Untuk pesan dan log panggilan, Anda dapat menggunakan aplikasi yang sangat tepercaya ini untuk mencadangkannya langsung ke Google Drive. Jika Anda memilih untuk mengambil cadangan lokal, pastikan untuk mentransfer file cadangan ke PC Anda.
  • Aplikasi dan datanya cukup sulit untuk dicadangkan. Namun, sebagian besar aplikasi seperti WhatsApp menawarkan opsi cadangan dalam aplikasi yang dapat Anda pulihkan dengan mudah. Pastikan Anda memiliki cadangan semua aplikasi penting yang diinstal pada ponsel Anda.
  • Untuk semua data yang disimpan di penyimpanan eksternal ponsel seperti musik, dokumen, dll, kami sarankan Anda menyalinnya secara manual ke PC. Waktu yang diperlukan untuk menyalin akan bervariasi dengan jumlah data yang disimpan di ponsel Anda.

Cara Install Android SDK Platform-tools

Membuka kunci bootloader/unlock bootloader di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL dilakukan melalui perintah fastboot khusus. Di sini "fastboot" adalah alat biner/souce code dan bagian dari alat platform Android SDK. Yang artinya, Anda harus menginstal  Android SDK pada PC Windows, macOS, atau Linux Anda.

Cara ini dapat dengan mudah dilakukan dengan mengunduh file SDK  dan  mengekstraknya di PC (Lebih disukai Desktop, untuk kemudahan). Setelah diekstrak, Anda harus membuka window PowerShell atau Terminal di dalam folder 'platform-tools' yang diekstrak.
  • Di Windows: Buka folder 'platform-tools' yang Anda ekstrak sebelumnya. Sekarang, sambil menahan tombol SHIFT, klik kanan pada ruang kosong di dalam folder ini. Pilih 'Open Window PowerShell here' dari menu.
    Cara Membuka Kunci Bootloader/Unlock Bootloader di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL
  • Di Linux / macOS: Buka 'Terminal' dan cd ke lokasi folder 'platform-tools'. Contoh:
    cd /Users/Dhananjay/Desktop/platform-tools
    Cara Membuka Kunci Bootloader/Unlock Bootloader di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL
Setelah Anda berhasil mengkonfigurasi ADB dan Fastboot pada PC Anda, pergilah ke langkah berikutnya.

' OEM Unlocking ' adalah pengaturan yang disembunyikan di menu 'Opsi pengembang' di ponsel Android Anda. Mengaktifkannya perlu jika Anda ingin membuka kunci bootloader di Google Pixel 3 (XL) dan selanjutnya melakukan prosedur seperti menginstal TWRP , rooting, dll. Tanpa OEM Unlocking, Anda tidak akan dapat menjalankan perintah fastboot pada perangkat Anda.

Untuk mengaktifkan OEM Unlocking di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL Anda, ikuti langkah-langkah sederhana yang tercantum di bawah ini:
  1. Pergi ke Settings > System on your phone.
  2. Pilih/ketuk ‘About phone’.
    Cara Membuka Kunci Bootloader/Unlock Bootloader di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL
  3. Gulir ke bawah hingga Anda melihat bagian 'Build Number'.
  4. Ketuk 7 kali pada 'Nomor Pembuatan' dengan cepat untuk mengaktifkan Opsi Pengembang.
  5. Masukkan Password / PIN layar kunci ketika diminta..
    Cara Membuka Kunci Bootloader/Unlock Bootloader di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL
  6. Anda sekarang akan melihat pemberitahuan bersulang di layar, mengatakan– “You are now a developer!”.
  7. Sekarang, kembali ke menu 'system' dan ketuk pada 'Developer option'.
  8. Skrol ke bawah dan temukan  'OEM Unlocking'.
    Cara Membuka Kunci Bootloader/Unlock Bootloader di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL.
OEM Unlocking sekarang sudah diaktifkan pada Pixel 3 Anda (XL

Boot  Pixel 3 Anda ke Mode Bootloader 

Untuk membuka kunci bootloader dan menggunakan perintah fastboot, Anda harus mem-boot Google Pixel 3 (XL) terlebih dahulu ke Mode Bootloader..
Cara Membuka Kunci Bootloader/Unlock Bootloader di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL
Untuk melakukannya, matikan terlebih dahulu Pixel 3 Anda sepenuhnya. Kemudian sambil menahan tombol Volume bawah, tekan tombol Power. Terus tahan tombol sampai Anda melihat layar Bootloader (Lihat gambar di atas). Sekarang  ponsel Anda dalam mode bootloader, sambungkan ke PC menggunakan kabel USB.

Catatan: Pastikan untuk menggunakan kabel USB yang sesuai spesifikasi, lebih disukai yang datang di kotak telepon.

Cara Unlock Bootloader Pada Pixel 3 dan Pixel 3 XL

Sekarang semuanya sudah siap dan siap, Anda dapat mengikuti instruksi di bawah ini untuk membuka kunci bootloader di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL.
  1. Buka PowerShell / Terminal di PC Windows, macOS, atau Linux Anda.
  2. Sekarang jalankan perintah berikut untuk memverifikasi bahwa Pixel 3 Anda berhasil dikenali/terdeteksi oleh PC:
    .\fastboot devices
    Untuk Linux atau macOS::
    ./fastboot devices
  3. Selanjutnya, jalankan perintah berikut untuk memulai proses membuka kunci bootloader: Untuk Linux atau macOS:
    .\fastboot flashing unlock

    For Linux or macOS:./fastboot flashing unlock
  4. Segera setelah perintah dijalankan, telepon akan meminta Anda dengan pesan konfirmasi.
  5. Tekan salah satu tombol Volume hingga muncul pesan 'Unlock the bootloader'.
    Cara Membuka Kunci Bootloader/Unlock Bootloader di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL
  6. Terakhir, tekan tombol Daya untuk membuka kunci bootloader di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL.
Setelah proses membuka kunci bootloader selesai (Tidak akan memakan waktu lebih dari beberapa detik), ponsel akan boot kembali ke mode Bootloader. Cukup tekan tombol Power untuk mem-boot ponsel Anda ke OS. Ketika Pixel 3 Anda memasuki OS, Anda harus melalui pengaturan awal lagi, masuk dengan akun Google Anda.
Dan sekarang bootloader ponsel Anda sudah terbuka, Anda dapat dengan mudah menginstal TWRP dan me-root Pixel 3 Anda menggunakan Magisk , untuk menerapkan modifikasi pada perangkat lunak.

Ini dia! Anda baru saja dapat membuka kunci bootloader di Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang prosesnya, silakan berkomentar. Kami akan mencoba yang terbaik dari pengetahuan kami untuk menghapus semua keraguan yang mungkin Anda miliki.

Artikel Terkait

Posted On : Senin, 25 Februari 2019Time : Februari 25, 2019
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Kumpulan Artikel Menarik | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]